Selasa, 21 Juni 2011

contoh RPL


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
NAMA                                    : M K I S, S.Pd I
MATA PELAJARAN           : BIMBINGAN KONSELING
SATUAN PENDIDIKAN    : SMKN 1 BUKITTINGGI
KELAS / SEMESTER           : X  / GANJIL
PROGRAM KEAHLIAN     : TEKNIK GAMBAR BANGUNAN
                                                 TEKNIK SURVEI PEMETAAN
JENIS LAYANAN               : Informasi
TOPIK                                   : Potensi Diri dan Arah Kecenderungan Karir 
JUMLAH PERTEMUAN     : 1 x 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : Menguasai Kompetensi Program Keahlian dan Kewirausahaan Baik untuk Memenuhi Dunia Kerja Maupun untuk Mengikuti Pendidikan Tinggi sesuai dengan Kejuruannya
INDIKATOR                         : Peserta Didik mampu
                                                                                                       1.     Menjelaskan Potensi yang Dimiliki Remaja
                                                                                                       2.     Menjelaskan Kecenderungan Karir Sesuai dengan Potensi yang Dimiliki
                                                                                                       3.     Menyesuaikan Potensi yang Dimiliki dengan Arah Karir yang Diinginkan
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta Didik dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan mempersiapkan karir.

B.     Materi Pembelajaran
Potensi Diri dan Arah Kecenderungan karir
1.      Potensi yang Dimiliki Remaja
2.      Bidang-Bidang Karir yang dapat di masuki oleh siswa SMK
3.      Kecenderungan Karir Sesuai dengan Potensi yang Dimiliki

C.     Pendekatan / Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Konstruktif
3.      Kooperatif
4.      Tanya Jawab
5.      Penugasan




D.    Langkah-Langkah
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal
4 menit
1.      Guru masuk mengucapkan salam
2.      Guru memberi tugas kepada siswa untuk memimpin doa
3.      Guru mengambil absen
4.      Appersepsi
5.      Menjelaskan target pembelajaran
Kegiatan Inti
30    menit

6.      Guru pembimbing memberikan materi tentang  “Potensi yang Dimiliki Remaja”
7.      Guru Pembimbing Menjelaskan materi tentang “Bidang-Bidang Karir yang dapat di masuki oleh siswa SMK”
8.      Guru Pembimbing membuka sesi tanya jawab berkaitan dengan topik yang dibahas
9.      Guru pembimbing mejelaskan materi tentang  “Kecenderungan Karir Sesuai dengan Potensi yang Dimiliki”
10.  Guru Pembimbing membuka sesi tanya jawab berkaitan dengan topik yang dibahas
11.  Menyuruh siswa mempersiapkan buku tulis
12.  Meminta siswa untuk menuliskan mementukan pilihan kategori karir, kemudian  menuliskan usaha-usaha apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri terhadap kategori karir yang dipilih dimasa akan datang.
13.  Meminta siswa yang lainnya memberikan komentar berkaitan dengan jawaban yang ditulis temannya. temannya.
14.  Menuntun siswa agar bisa menarik kesimpulan dengan tepat melalui kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan
Kegiatan Akhir
6 menit

15.  Membantu peserta didik  melakukan refleksi
16.  Laiseg (UCA)
17.  Memberikan motivasi untuk peserta didik  agar dapat meningkatkan potensi-potensi yang ada untuk mencapai pilihan karir yang diinginkan

E.     Sumber Belajar / Media Pembelajaran
1.      Spidol
2.      Contoh Satlan
3.      Buku Sumber : Psikologi Perkembangan Remaja




F.      Penilaian
Pertanyaan:
Laiseg (di akhir pertemuan)
U Wawasan, pengetahuan, pemahaman dan nilai apa saja yang dapat anda ambil    dari proses pembelajaran materi “Potensi yang Dimiliki Remaja ?
C Apa yang anda rasakan setelah mengikiuti proses pembelajaran dalam layanan Bimbingan dan Konseling ini?
A – Hal-hal apakah yang ingin anda lakukan setelah mengikuti proses pembelajaran  ini?
Kunci Jawaban:
U – Wawasan, pengetahuan, pemahaman dan nilai  yang dapat diambil:
Menguasai isi bahan pengajaran yang berkaitan dengan topic “Potensi yang Dimiliki
Remaja ?
C  Setelah mengikuti proses pembelajaaran merasa puas dan senang mendapatka ilmu dan pengalaman baru melalui pengembangan materi “Potensi yang Dimiliki Remaja ?
A Hal-hal apakah yang dilakukan (komitmen) setelah mengikuti proses pembelajaran ini:
·     Memotivasi diri untuk Mengembangkan Potensi Diri yang Dimiliki
·     Menentukan arah pilihan karir sesuai dengan potensi diri yang dimiliki
·     Mempersiapkan diri untuk memasuki pilihan karir yang diinginkan




Bukittinggi,.....Juli 2011
Mengetahui:                                                                             Pelaksana Layanan:
Koordinator BK         



Hj.JASMANIAR,S.Pd                                                         M K I S, S.Pd I
NIP. 1954 0324 198203 2001                                               NIP.19831105 200901 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar